Home Health and Beauty Tips Memasak Untuk Pemula

Tips Memasak Untuk Pemula

160
0

Berikut saya akan memberikan beberapa Tips Memasak Bagi para Pemula:

  1. Jika ingin membuat sambal, tapi malas goreng cabe karna meletus letus? Potong cabenya jadi 2 (pastikan tidak ada cabe utuh) pasti tidak akan meletus letus lagi.
  2. Jika membuat tumisan, pastikan bawang putih lebih banyak dibanding bawang merah. Ex: bawang putih 4, bawang merah 3
  3. Jika membuat tumisan jangan lupakan daun salam dan sedikit lengkuas. Dijamin membuat rasanya berbeda.
  4. Membuat tumisan tapi hasil akhir gagal? Tambahkan saori saus tiram. 99% langsung enak.
  5. Jika mau membuat sambal matang, pastikan terasi goreng terakhir. Jangan goreng bersama dengan cabe, akan membuat trasi cepat gosong dan pait. Jika perlu, saat kompor sudah mati baru masukkan terasi, biar matang sendiri karna terkena panasnya minyak.
  6. Jika memasak seafood, rebus seafod bersamaan dengan jahe geprek dan sereh. Pasti akan menghilangkan bau amisnya.
  7. Jika kalian termasuk orang yg malas cuci piring lebih baik masaklah telur ceplok dari pada telur dadar. Telur ceplok hanya meninggalkan panci kotor, sedangkan telur dadar membuatmu harus mencuci panci, mangkok, garpu, bahkan talenan dan pisau (jika kalian bikin telur dadar lengkap dengan bawang dan daun bawang)
  8. Saat masak sop, lebih sedap bawang putih kalian geprek dari pada diuleg. Dan sekali lagi, lebih irit cuci piringnya karna tidak usah cuci ulegan.
  9. Untuk buat garang asem/asem asem, agar berasa asam bisa digunakan: tomat ijo, belimbing wuluh, asam jawa, daun kedondong
  10. Kalau mau ngulek (sambal atau apapun) usahakan ulekannya diberi alas kain supaya tidak licin dan nguleknya enak.

    Jangan seperti ini:

    Tapi seperti ini:

    11. Kalau mau bikin mie ayam, air hasil rebusan ayamnya jangan dibuang tapi digunakan lagi sebagai kuah mie ayam. Airnya direbus sekali lagi, lalu ditambah bumbu-bumbu penyedap biar tambah sedap.
    12. Kalau mau bikin sambal tomat, usahakan tomatnya digoreng terlebih dahulu (sebentar saja, jangan sampai kering) baru diulek. Alasannya? Entahlah, biar lebih enak aja sih sambalnya. Percaya deh.Sambal yang enak dan gurih itu bukan hanya diberi garam saja, jangan lupa juga diberi gula.
    13. Kalau mau bikin kue pie susu, coba untuk tidak menggunakan maizena pada isi tengahnya. Jadinya memang lembek, tapi enak dan susunya lebih terasa.

    14. Jangan taruh bawang-bawangan di dalam kulkas. Rasanya bakal beda kalau diolah.
    15. Kalau mau bikin sambal dabu-dabu, usahakan setelah sambalnya jadi lalu taruh sambalnya di lemari pendingin selama beberapa menit. Sensasi sambal dingin+segar dicocol ikan itu sangat nikmat sekali.
    16. Mau bikin kue tapi gula halusnya habis? Gampang, blender saja gula pasir. Jadi deh gula halus.
    17. Mau masak perlu maizena tapi maizenanya habis? Tenang, tepung terigu serbaguna juga bisa berfungsi mengentalkan masakan kok.
    18. Kalau mau mengolah ikan, jangan lupa peras jeruk ikan/nipis yang banyak terlebih dahulu. Biar amisnya hilang.

    • Cara praktis bikin Nasi Hainan:

      Siapkan Nasi yang akan ditanak (pakai penanak nasi), siapkan bawang putih, jahe, serai lalu kupas kedua bahan pertama dan geprek ketiga bahan tersebut, tumis ketiga bahan tersebut lalu masukkan ke dalam nasi yang akan ditanak dan tambahkan penyedap rasa (royco).

    • Selesai. Selamat menikmati!

Sekian tips-tips dari saya. Mohon maaf kalau ada yang kurang dimengerti, soalnya sulit untuk dijelasin lebih enak praktek langsung, hehehe.

Semoga jawaban ini bermanfaat! 🙂

Terimakasih 😁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.