Bagaimana caranya meningkatkan potensi diri kita?

    283
    0

    Bagi saya cara paling ampuh adalah journaling.

    It works a lot for me.

    Memiliki 3 buku untuk journaling yang bebeda tema:

    1. Buku agenda aktivitas (di foto yang berwarna hitam). Tempat saya menulis berbagai planning saya baik yang jangka pendek maupun jangka panjang. Saya juga menuliskan berbagai challenge untuk diri saya sendiri di buku ini. Seperti reading challenge (buku-buku yang harus saya baca dari berbagai genre), music challenge (latihan lagu-lagu dengan berbagai tingkat kesulitan untuk saya mainkan di piano), writing challenge (belajar menulis di Quora misalnya) movie challenge (menonton film-film dari berbagai genre), spiritual challenge (menantang diri saya untuk melaksanakan berbagai macam ibadah sunnah), dll dalam buku ini.
    2. Buku afirmasi positif (di foto yang berwarna coklat). Buku ini berisi kumpulan pemikiran saya pribadi untuk menguatkan diri saya sendiri, quote-quote yang saya sukai yang saya dapat dari berbagai sumber, saya juga merangkum hal-hal yang penting dari setiap buku-buku yang saya baca.Ketika pikiran saya sedang overload, saya seringkali membuka buku ini untuk sekadar membaca pesan-pesan di dalamnya demi mendamaikan hati dan pikiran saya.
    3. Buku agenda spiritual (di foto yang berwarna merah). Buku ini berisi rangkuman dari jurnal-jurnal Islam yang saya baca, konsep-konsep filosofi Islam, dan saya juga banyak menuliskan potongan-potongan ayat Al-qur’an sebagai bentuk pengingat saya di buku ini. Jadi setiap saya merasa hilang arah, saya buka buku ini untuk menguatkan saya sekaligus memperkokoh keimanan saya.

    Berikut merupakan spoiler beberapa isi dari buku hitam saya:

    Saya membuat planning harian.

    Saya membuat goal-goal kecil yang ingin saya capai

    Spoiler dari buku coklat saya:

    Saya membuat kalimat-kalimat afirmasi positif untuk diri saya sendiri

    Saya merangkum bagian-bagian favorit dari buku-buku yang saya telah baca

    Spoiler dari buku merah saya:

    -saya mengutip ayat-ayat Al-Qur’an sebagai reminder

    -saya merangkum teori dari jurnal islami yang saya baca

    -saya menulis asmaul husna untuk saya hafalkan

    ….

    Ya begitulah isi 3 jurnal pribadi saya yang selama ini menguatkan diri saya dalam menjalani kehidupan sekaligus memotivasi diri saya untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dalam setiap aspek kehidupan saya.

    Jujur saja, goal utama saya dalam hidup terdiri dari:

    Ya saya tahu, memang saya terlalu muluk-muluk. Manakah ada manusia yang bisa sempurna dalam segala hal. Tapi saya hanya ingin berusaha mencapai potensi maksimal saya dalam berbagai aspek kehidupan. Saya tidak ingin menyia-nyiakan hidup yang Tuhan berikan kepada saya. Meskipun pada akhirnya saya tidak mampu mencapai goal-goal yang saya inginkan, saya tidak akan begitu menyesal karena setidaknya saya selalu berusaha. Tidak hanya berdiam diri. Hidup ini terlalu singkat apabila kita hanya berpangku tangan berserah kepada nasib. Ingin sukses di dunia, berusaha. Ingin bahagia di akhirat, berusaha juga. (Cr. Riefka)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.