Home Infopedia 10 Film yang harus di tonton orang intelektual!

10 Film yang harus di tonton orang intelektual!

225
0

 

Apa sih maksud dari kata “intelektual” itu?

Menurut KBBI, Intelektual berarti cerdas, berakal, dan berpikir jernih berdasarkan ilmu pengetahuan.

Lalu, apa maksud kalimat “harus ditonton”?

Apakah maksudnya film-film yang butuh pemikiran yang jernih agar kita mampu menikmati dan menyerap pesan-pesan yang dikandungnya?

Atau,

Apakah film-film yang memuat karakter-karakter cerdas dan memiliki kemampuan kognitif luar biasa?


Oleh karena itu, mari kita mulai dengan:

Film-Film yang Butuh Pemikiran Jernih untuk Dapat Menikmatinya

Film ini memang berkisar tentang bangsa asing (alien) yang datang ke Bumi. Namun, apa yang hendak disampaikan oleh Dennis Villeneuve sungguh menakjubkan. Arrival memuat pesan-pesan kehidupan yang universal.

Mahakarya Stanley Kubrick satu ini tidak akan pernah usai untuk diperbincangkan. Film yang sangat bagus dan melampaui zaman. Saking bagusnya, banyak yang mengantuk tatkala menontonnya. Rasa kantuk ada bukan karena filmnya membosankan, melainkan kita sangat sukar memetik esensi dari 2001 ini. Setiap orang punya interpretasi berbeda; setiap orang memahaminya dengan cara yang berbeda.

Ini adalah film perang yang sangat unik dari Francis F. Coppola. Bukan adegan penuh tembakan dan ledakan yang menjadi hidangan utama dalam film ini, melainkan sebuah ideologi. Ideologi dari seorang perwira yang sangat ekstrim di tengah peperangan yang kian berkecamuk.

Jika kita tak berpikiran jernih, maka karya spektakuler dari Charlie Chaplin ini hanya menjadi pemancing tawa dan pengocok perut. Padahal lebih dari itu: Modern Times memuat pesan-pesan sosial dan mengkritik kapitalisme.

Saya tidak percaya jika ada yang mengerti film ini dengan hanya menonton satu kali. Beruntunglah orang yang tidak menontonnya sampai habis, sebab jika Anda menontonnya sampai habis, pastilah batin akan berceracau: “LOH, MAKSUDNYA GIMANA SIH?”

Menonton film Joko Anwar ini seperti menonton hasil kolaborasi para sutradara kondang Christopher Nolan, Quentin Tarantino, Alfred Hitchcock, Martin Scorsese, dan David Lynch. Namun, tak ada yang lebih saya sukai selain pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Film depresif satu ini sangat cocok ditonton oleh para milenial. Selain menawarkan kisah cinta yang tak biasa, kita juga akan diajak berpikir perihal eksistensi dan teknologi.

Anda pintar tapi belum menonton film ini? Anda pintar tapi tidak tahu bagaimana caranya berargumentasi dengan baik? Anda pintar tapi gentar menghadapi pemikiran yang berbeda dengan Anda? Cobain 12 Angry Men deh!

Jika selama ini Anda enggan dibuat berpikir oleh film karena melelahkan, Interstellar akan membuat Anda berpikir dengan cara yang nikmat.

Jika Anda tidak mampu berpikir jernih ketika menonton film religius dari Martin Scorsese ini, saya dapat memastikan Anda akan dipenuhi dengan emosi negatif. Padahal sebaliknya, film ini penuh muatan positif dan sarat pesan kemanusiaan.

Sebenarnya masih banyak lagi rekomendasi dari saya,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.